Sabtu, 24 Oktober 2009

Contoh SAP ( Satuan Acara Pembelajaran )

Mata kuliah : Kep. Medical Bedah
Pokok Bahasan : Anatomi saluran pernapasan
Waktu : 2 x 50 menit
Tujuan:
TPU : Setelah mengikuti pembelajaran selama 2 x 50 menit diharapkan mahasiswa mampu memahami tentang anatomi saluran pernapasan.
TPK : Setelah mengikuti pembelajaran diharapkan mahasiswa mampu:
1. Menjelaskan pengertian tentang saluran pernapasan
2. Menyebutkan bagian-bagian dari saluran pernapasan.
3. Menyebutkan letak-letaknya
4. Menjelaskan sistem kerja saluran pernapasan.
5. Menyebutkan mekanisme bernafas
Materi / sub pokok bahasan :
1. Penegrtian tentang saluran pernapsan
2. Bagian-bagian dari saluran pernapasan
3. Letak-letaknya bagian dari saluran pernapasan.
4. Sistem kerja saluran pernapasan.
5. Menyebutkan mekanisme bernafas
Metode : Ceramah, Tanya jawab.
Media/ alat bantu : LCD
Sumber : Internet(www.google.com)
Kegiatan pembelajaran
No
Kegiatan/ waktu
Kegiatan dosen
Kegiatan mahasiswa
1.
Pembukaan
(5 menit)
a. Salam
b. Memperkenalkan diri
c. Menyampaikan tujuan dan pembelajaran
d. Menyampaikan latar belakang dan materi
· Menjawab salam
· Memperhatikan
· Memperhatiakan
· Memperhatikan
2.
Kegiatan isi
(80 menit )
1. Menanyakan pada audien tentang anatomi saluran pernapasan
2. Memberikan penguatan pada jawaban yang benar
3. Menjelaskan pengertian saluran pernapasan
4. Menyebutkan bagian-bagian saluran pernapasan
5. Menyebutkan letak-letaknya saluran pernapasan
6. Menjelaskan sistem kerja saluran pernapasan.
7. Menyebutkan mekanisme bernafas.
8. Memberikan kesempatan pada audien lain untuk bertanya pada materi yang telah di bahas
9. Memberikan kesempatan pada audien lain untuk menjawab
10. Memberikan penguatan ,dan seterusnya
1. Menjawab
2.Memperhatikan
3.Memperhatikan
4. Memperhatikan
5. Memperhatikan
6. Memperhatikan
7. Memperhatikan
8. Bertanya
9. Menjawab
10. Memperhatikan
.
Penutup
(15 menit)
a. Menanyakan kembali materi yang telah disampaikan
b. Memberikan kesempatan audien lain untuk menjawab
c. Memberiakn kesempatan aiudien unutk bertanay
d. Curah pendapat
e. Menyimpulkan materi bersama audien
f. Memberiakn masukan / saran
g. Salam penutup
a. Menjawab
b. Audien lain menjawab
c. Bertanya
d. Menjawab
e. Memperhatikan
f. Memperhatikan
g. Menjawab salam
g. Evaluasi:
Evaluasi pada pembelajaran ini dilakukan dengan Tanya jawab lisan diantara kegiatan pembelajaran. Pertanyaan dalam Tanya jawab antara lain :
jelaskan pengertian tentang saluran pernapasan?
sebutkan bagian-bagian dari saluran pernapasan?.
sebutkan letak-letaknya?
jelaskan sistem kerja saluran pernapasan.?
sebutkan mekanisme bernafas?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar